-->
Diberdayakan oleh Blogger.


Kamis, 07 Januari 2016

Cara Mengusir Kelelawar Pemakan Buah Yang Bersarang Di Atap Rumah Walet Dengan Alat Dan Suara

Pada kesempatan ini kami akan membagi Tips dan Cara Mengusir Kelelawar baik kelalawar pemakan buah , kelalawar yang suka diatap rumah mengantung dan mengeluarkan kotoran dimana saja . Jika anda punya pohon buah ( langsat , lengkeng  ) dan lagi musim banjir buah seperti ini maka anda harus memeriksa apakah kelalawar mengintai dan memangsa pohon buah anda sebab jika tidak maka akan habis tanpa sisa dimakan kelalawar .

Cara Mengusir Kelelawar Pemakan Buah Yang Bersarang Di Atap Rumah Walet Dengan Alat Dan Suara

Cara Mengusir Kelelawar Pemakan Buah Yang Bersarang Di Atap Rumah Walet Dengan Alat Dan Suara

Perlu diketahui bahwa Ada 2 jenis kelelawar. Pertama pemakan serangga, misalnya kampret (microchiroptera).  Kedua adalah pemakan buah-buahan yakni kalong (Pteropus edulis) dan codot (Hipposideros diadema), yang keduanya tergolong jenis megachiroptera. Kelelawar pemakan buah-buahan inilah yang paling merepotkan petani khususnya petani buah-buahan.

Kelelawar pemakan buah-buahan lebih dikenal dengan nama kalong dan codot. Binatang mamalia yang bisa terbang ini cukup besar ukurannya, warnanya hitam, dan bentuk wajahnya mirip anjing. Hama ini termasuk hewan nokturnal karena siang hari tidur, tapi malam harinya aktif terbang mencari makan.

Bagi petani buah-buahan, codot dan kalong jelas merupakan hama yang merugikan. Betapa tidak, buah-buahan di pohon yang kemarin terlihat utuh di pohon, esok paginya tahu-tahu sudah terlihat berantakan. Yang dirusak biasanya buah-buahan yang menjelang masak (ranum).
Baca juga : Cara Mengusir Cicak dari Rumah , Kamar , dan dalam Mobil

Kalong pemakan buah (Pteropus vampyrus)

Jangan berharap pisang raja yang masak di pohon bisa utuh, kalau bau matangnya sudah tercium codot. Begitu pula buah lengkeng yang mulai menua, bila sebelumnya tak dibungkus terlebih dulu dengan selongsong bambu.

Beberapa jenis buah-buahan lainnya pun tak akan luput dari incarannya. Antara lain sirsak, jambu air, pepaya, mangga, sawo, belimbing, apel, anggur dan lain-lain.

Aksi sang codot yang sangat merugikan itu, mau tidak mau menimbulkan ikhtiar atau usaha manusia untuk mencegah dan memburunya. Usaha ini dimaksud untuk menjaga, agar buah-buahan di pohon tidak fatal dirusak mereka. Dan usaha dalam melindungi buah-buahan dari serangan codot ini bermacam-macam caranya. Berikut diantaranya :

Baca juga : 10 Cara Mengusir Semut Hitam , Gatal , dan Rangrang

A. Melindungi Buah dengan Kelongsong


Penggunaan kantung pembungkus buah dapat mencegah hama kelelawar atau codot Kulit buah yang rasanya sepet dan pahit, biasanya kurang disukai codot. Buah rambutan misalnya, jarang sekali dirusak kelelawar atau codot ini, walau di pohon telah ranum masak dan tetap telanjang di udara terbuka.

Tetapi kalau buah lengkeng? Wah, tak bakal tunggu waktu lagi. Kulit buah ini tipis, mudah dikelupas, dan rasanya tidak pahit bila termakan. Tanggung bakal ludes dalam semalam, bila buah ini sudah mulai meranum masak.

Itulah sebabnya, agar lengkeng di pohon tidak berantakan disikat kelelawar, jauh-jauh sebelumnya orang sudah membungkus dengan kelongsong (berupa ayaman dari bambu).

Pembungkusan buah serupa ini juga diterapkan pada buah-buahan lain. Alat pembungkus selain kelongsong bambu, antara lain bisa dipakai kantong plastik, kantong dari kertas semen, kain yang sudah tidak terpakai, dan lain-lain. Ukuran besarnya, tergantung dari jenis-jenis buah-buahan yang akan diamankan dari serangan kelelawar.

B. Cara Mengusir Kelelawar

Oke baiklah , langsung saja kita lihat cara-cara mudahnya di babwah ini :

Sipakan Terlebih dahulu Bahan bahan yang kita butuhkan
1. Semprotan
2. Miyak tanah.
3. Racun semut / sevin.

 cara penggunaannya
Miyak tanah 1/2 - 1 liter dicampur racun semut 2 sendok makan lalu diaduk/ dikocok lalu masukan kedalam semrotan, pompalah sempotan sambil dikocok kocok.
Setelah itu cari tempat dimana kelelawar itu diam/bersarang lalu semprotlah tempat atau pun kelelawar yang ada diloteng.
Setelah kita semprot pasti tidak akan muncul lagi .

Baca juga : Cara Mengusir Nyamuk Dengan Kapur Barus Dan Ragi Dalam Kamar Yang Ampuh

Cara Mengusir Kelelawar Yang Ampuh Lainnya

Mungkin anda sudah berusaha untuk mengusir kelelawar dari rumah anda, namun kelelawar tersebut tidak mau juga pergi , masih datang kembali ke rumah anda,  maka coba beberapa cara dan tips dibawah ini siapa tahu berhasil mengusir dan menjauhkan kelelawar dari rumah anda.
  1.     Membuat rumah kelelawar dan menempatkannya disekitar pohon di rumah anda, dengan harapan mereka mempunyai sebuah tempat yang baik untuk tinggal setelah diusir dari rumah anda. Jika dilihat rumah kelelawar mirip dengan rumah burung, namun lebih panjang dan kelelawar masuknya melalui dari bawah, jika anda membuat rumah kelelawar maka jangan menggunakan pernis, karena kelelawar kurang menyukai bau pernis. Mungkin anda penasaran seperti apa rumah kelelawar maka anda bisa melihat gambarnya dibawah ini. (Rumah kelelawar ini ada di jual di luar negeri, kayaknya di Indonesia masih belum ada yang jual )
  2.     Kelelawar kurang menyukai cahaya terang dan suka tinggal di loteng pada siang hari, karena hangat dan gelap, maka anda bisa memasang lampu yang terang di loteng tersebut dan menyalakannya pada siang hari, karena itu akan mengganggu rutinitas tidur kelelawar dan pada akhirnya mereka akan mencari tempat lain untuk bersembunyi.
  3.     Anda perlu tahu jalan keluar masuknya kelelawar yang datang ke loteng anda, dengan cara mengintainya pada senja hari,  karena kelelawar akan keluar untuk makan, jika anda sudah tahu jalan aksesnya maka anda bisa membawa senter yang mempunyai cahaya yang kuat untuk dibawa ke loteng dan menyinari bagian atapnya untuk mengusir kelelawar yang masih tertinggal diatap, kemudian anda bisa menutup jalan akses kelelawar untuk keluar masuk dalam atap anda, bisa menggunakan jaring atau lainnya, yang penting jalan aksesnya sudah tertutup.
  4.  Cara mengusir dengan suara , cukup pukul atau datang suara-suara dekat kelalawar , mereka tidak akan betah dan pindah tempat

 
Atas