-->
Diberdayakan oleh Blogger.


Kamis, 11 Februari 2016

7 Cara Mengusir Tungau Dan Membasmi Tungau Kasur ( Tumila ) Paling Ampuh

Cara Mengusir Tungau kasur atau cara menghilangkan tungau kasur adalah langkah tepat agar terhidar dari gigitan tungau kasur yang tanpa kasian merusak penampilan tangan leher yang digigitnya . jujur sekali saya gampang alergi bila terkena gigitan tungau bisa sembuh dan pulih setelah 2 sampai 1 bulanan . Karena pengalaman saya di asrama pesantren sering berjumpa dengan mahluk licik dan kesit ini maka saya ingin membagikan cara saya membasmi tungau sampai habis .

Cara Mengusir Tungau Dan Membasmi Tungau Kasur ( Tumila ) Paling Ampuh

Apa tungau itu ?

7 Cara Mengusir Tungau Dan Membasmi Tungau Kasur ( Tumila ) Paling Ampuh
Tungau merupakan hewan kecil yang mirip dengan kutu. Bedanya, kalau kutu termasuk serangga, kalau tungau memiliki kaki delapan sehingga lebih pas untuk dimasukkan kelompok laba-laba. Baik tungau maupun kutu sama-sama hewan yang perlu dibasmi.


Tungau bisa hidup dengan baik di darat dan laut. Ia juga mudah berkembangbiak. Hewan yang satu ini bisa menjadi parasit dimanapun berada seperti perabot rumah tangga, hewan, tumbuhan, dan manusia. Kali ini, kita akan membahas cara membasmi tungai yang hidup di alat rumah tangga seperti kasur dan karpet.

Tungau yang biasa berada di tempat tidur, sofa, dan karpet disebut dengan tungau debu atau bahasa latinnya dermatophagoides pteronyssinus. Ukurannya hanya 0,5 mm sehingga tak kasat mata. Namun, kehadiran tungau ini bisa dirasakan, misalnya dengan bentol-bentol setelah bangun tidur, gatal-gatal, atau merasa sesak nafas dan timbul alergi.

Apa makanan tungau ?

Santri , karena darahnya bersih . hehe , bukan saja minum darah santri tapi siapa aja . perlu kita ingat bahawa Makanan tungau yang hidup di pemukiman manusia adalah kulit manusia yang mengelupas atau sisa-sisa materi organik lainnya. Pada saat tidur, manusia akan mengeluarkan keringat, minyak dan sel kulit mati lebih banyak sehingga tungau senang. Bersamaan dengan itu tungau tersebut akan mengeluarkan kotoran yang menjadi satu dengan debu. Debu yang bercampur kotoran tungau itulah yang menyebabkan alergi.

Mengusir dan juga mencegah tungau berkembang biak di kasur dapat dilakukan memakai bahan-bahan kimia. Namun apabila kamu lebih memilih memakai bahan alami yang jauh lebih aman, kami memiliki berbagai cara untuk membasmi tungau atau kutu kasur. Berikut ini beberapa tips untuk menghilangkan tungau di kasur Anda.

Cara Mengusir Tungau dang menghilangakan tungau kasur ?

7 Cara Mengusir Tungau Dan Membasmi Tungau Kasur ( Tumila ) Paling Ampuh
Nah . kita kembali ke topik utama yaitu tips bagaimana cara mengusir tungau sampai kapok , disini akan kita bahas dengan rinci :
1.  Angkat atau Lepaskan headboard tempat tidur dan bed framenya

Untuk memulai acara bersih-bersih ini, lepaskanlah terlebih dahulu headboard dan juga bed frame tempat tidurmu. Dua tempat ini sangat berpotensi menjadi sarang tungau yang tersembunyi.


2. Cuci Dengan Air Panas

Air panas bisa mematikan tungau, bakteri dan juga mikroba. Sempatkan waktu sekali dalam sebulan mencuci pakaian, selimut, sarung bantal, sarung guling dan juga bed cover memakai air panas dan juga antiseptik. Keringkan di bawah sinar matahari yang terik.
     
3. Bersihkan barang – barang yang ada di atas kasur

Jika banyak kutu dan tungau yang menempel di isolasi, segera lepaskan isolasi tersebut. Kemudian, bersihkan dan cuci seluruh benda yang terdapat di atas kasur, mulai dari sprei, bantal, hingga selimut. Gunakan air hangat agar kutu dan tungau benar – benar lenyap. Setelah itu, keringkan dengan dryer dengan suhu yang paling tinggi hingga barang – barang tersebut benar – benar kering.

Usahakan lakukan hal ini minimal selama 20 menit, sebab kutu dan tungau tidak akan mampu bertahan di permukaan yang panas dan kering lebih dari 20 menit.

4.  Bersihkan kasur dengan vacuum cleaner

Sementara barang – barang di atas kasur dicuci, bersihkan kasur dan tempat tidur dengan vacuum cleaner. Vacuum cleaner ini selain mampu menyedot kutu dan tungau, juga bisa digunakan untuk menyedot debu, serpihan, dan kotoran lain. Setelah itu, Anda bisa menjemur kasur di bawah sinar matahari.

Namun, sebelum menjemur kasur, perhatikan jenis dan bahan kasurnya, apakah memungkinkan untuk dijemur di bawah terik sinar matahari langsung atau tidak.

5.  Lapisi dengan pelindung kasur

Setelah semua barang – barang bersih, pasang kasur pada tempatnya kembali. Lapisi dengan pelindung matras khusus untuk melindungi kasur dari alergen. Hal ini untuk mengantisipasi agar kutu dan tungau tidak datang kembali.

6.  Bersihkan semua sudut dalam kamar

Ketika kita membersihkan kasur, mungkin sebagian kutu dan tungau belum diberantas dengan maksimal karena berhamburan atau berterbangan ke sudut – sudut kamar. Untuk itu, dalam membersihkan kasur dan tempat tidur, ada baiknya Anda juga membersihkan seluruh kamar dan sudut – sudutnya dengan vacuum cleaner, lalu pel secara keseluruhan. Hal ini guna memastikan agar tak ada kutu dan tungau yang bersembunyi di sudut – sudut kamar.

7. Rekatkan kembali isolasi pada kaki – kaki dan sudut ranjang

Untuk mencegah datangnya kutu dan tungau yang kedua kali, Anda bisa memasang isolasi kembali pada sudut dan kaki ranjang. Cara ini mampu meminimalkan kutu dan tungau yang ingin kembali menempel di kasur.

Cara Menghilangkan Tungau Dan Membunuh Tungau

7 Cara Mengusir Tungau Dan Membasmi Tungau Kasur ( Tumila ) Paling Ampuh

1. Gunakan minyak lavender

Dibandingkan memakai pestisida kimiawi yang berbahaya untuk tubuh, lebih baik memakai minyak essential. Minyak lavender terbukti efektif dikarenakan aroma dan juga rasanya yang dibenci oleh tungau. Alternatif lain, kamu dapat memakai minyak eucalyptus, lavender, peppermint ataupun tea tree.


2. Hilangkan tungau dengan Vacuum Cleaner

Cara efisien lain untuk mengusir tungau yaitu dengan memakai vacuum cleaner. Bersihkan kursi, karpet, matras, kasur dan juga gorden rumah sedikitnya sekali dalam seminggu.

3. Bahan kimia pembasmi kutu dan tungau

Selain menggunakan isolasi untuk menjebak kutu dan tungau, Anda bisa menggunakan bahan kimia atau pembasmi serangga yang fungsinya benar – benar untuk mematikan hewan – hewan kecil tersebut. Contohnya, bahan kimia seperti Insect Growth Regulators (hydroprene atau pyriproxifen), Contact Insecticides (pyrethroids, cyfluthrin, deltamethrin, permethrin, cypermethrin, dan pyrethrum).

Meskipun tidak terlihat, keberadaan tungau amatlah berbahaya untuk kesehatan, apalagi apabila kamu mempunyai anak kecil yang kulitnya masih sangatlah sensitif. nah itulah beberapa tips yang dapat kamu ikuti. Demikianlah cara mengusir tungau yang efektif . semoga saja manfaat .

 
Atas