-->
Diberdayakan oleh Blogger.


Rabu, 04 Maret 2015

Cara Mengusir Lalat pada Ternak Sapi 2016

Cara mengusir lalat Sapi . Banyak dari mitra kami yang menanyakan tentang mengusir lalat dari tubuh ternak sapi, setelah kesana kemari mencari referensi akhirnya saya menemukannya juga dari web sebelah.
Ini adalah alat yang digunakan untuk mengusir dan mencegah lalat menempel pada badan ternak sapi. Pada saat pergantian musim dari kemarau ke musim penghujan di Australia, ribuan lalat akan berkembangbiak dan muncul di peternakan2 sapi.

Lalat ini kemudian akan mengerubingi dan menempel pada tubuh sapi. Selain itu mengganggu gerak sapi, jika ada luka, lalat ini akan terus menempel. Akibatnya luka akan semakin membesar dan beresiko tertular penyakit yang membahayakan.

Cara Mengusir Lalat pada Ternak Sapi
Pada hewan ternak seperti sapi, ternyata lalat juga membri dampak yang serius . Jika ada sapi yang terluka, lalat akan segera hinggap dan menginfestasi larva kedalam luka tersebut. Akibatnya, sapi akan terserang penyakitMyasis. Selama periode tertentu,larva yang telah diinfestasi oleh lalat tersebut akan memakan jaringan hidup atau mati dari daging, bahan-bahan cairan tubuh atau makanan yang ditelan. Akibatnya, sapi akan menampakkan gejala-gejala sbb :

  1. Lesu.
  2. Nafsu makan kurang.
  3. Bobot badan menurun cepat.
  4. Selalu gelisah.

Jika tidak segera ditangani, maka peternak sapi akan mengalami kerugian sebagai akibat myasis ini yaitu :

  1. Terjadi malnutrisi.
  2. Produksi susu dan daging turun.
  3. Kematian.


Para peternak di australia kemudian merancang suatu alat sederhana yang dapat mengusir dan mencegah lalat menempel pada badan ternak sapi.

Cara Membasmi lalat sapi

Pengendalian relatif sulit dilakukan. Sanitasi dan kebersihan kandang merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan populasi lalat. Penggunaan insektisida juga merupakan cara digunakan untuk membunuh lalat dengan cara menyemprot kandang dengan Lindane 0,03-0,05 %, Toxaphene 0,5%, Metoxychlor 0,05 %, Coumaphos 0,125 %, Dioxanthion 0,15 %, Malation 0,5 %, atau Ronnel 0,75 %. Pemberian dichlorvos dalam minyak mineral diberikan setiap hari juga mampu mengusir lalat untuk hinggap dipermukaan tubuh hewan. Selain dichlorvos bisa juga digunakan coumophos, malathion atau tetrachlorvinphos yang diberikan 2 sampai3 kali seminggu dalam sediaan tabur. Aplikasi insektisida dapat dilakukan dengan cara Dipping (populasi ternak banyak), spraying, Back Rubber, Dust bag, Pour on, lewat makanan dan menggunakan keping resin (seperti kalung).
Metode pengendalian biologi dengan menggunakan parasit penyengat yang sudah dikembangkan sebagai kompetitor biologis untuk Musca domestica.

Ada cara lain selain cara diatas, yaitu dengan menyemprotkan cairan disinfektan pada daerah yang luka akibat dihinggapi lalat. Cairan disinfektan ini akan membuat lalat tidak mau hinggap, sehingga penyebarannya bisa dicegah seminimal mungkin.

Berdasarkan pengamatan saya, ketika melihat jebakan lalat buah, maka saya beropini bahwa lalat sapi dapat ditanggulangi dengan cara yang sama. Karena pada intinya konsep yang diguakan sama yaitu menarik lalat ke jebakan dengan ragsangan bau. Lalat mempunyai sifat pembau. Oleh karena itu, cara ini mungkin dapat dilakukan. Kelebihan cara ini adalah murah, praktis, da mugkin efektif membunuh lalat. Cara pembuatan jebakan pun mudah yaitu :

  1. siapkan botol bekas ukura sedang/besar
  2. potong pada bagian kepalanya
  3. kemudia disambung kembali bagian kepala tadi ke botol dengan posisi terbalik
  4. plester/lem bagian pemotongan tadi agar tidak ada lubang
  5. masukkan kapas yang diberi rangsangan bau lalat sapi ke botol
  6. gantingkan botol pada tempat yang sering dihinggapi lalat
Selamat mencoba semoga sukses

 
Atas